Sabtu, 02 Februari 2013

Cerita Hiking Gue


Gue punya plan, seenggaknya gue bisa hiking sebulan sekali. Bulan Oktober udah di Merapi, November di Merbabu, Desember  ke Nglanggeran, Januari Lawu. Dan bulan-bulan selanjutnya gue ngarep bisa ndaki ke Sumbing, terus ke Sindoro, terus ke Slamet, lanjut ke Semeru, ke Rinjani, ke Jayawijaya, ke Everest, dan yang paling berat, yaitu mendaki gunung hatimu.

Merapi
Gue sebenernya berharap ketemu Mak Lampir sama Gerandong di Merapi buat mintak tanda tangan, soalnya mereka kan artis veteran. Gue masih inget dulu gue sering berduaan nonton film Misteri Gunung Merapi, tapi sayangnya sama nenek gue. Jadi gue dulu pas masih kecil penasaran banget pengen tau sosok Mak Lampir nan unyu sama asisten pribadinya, Gerandong.

Tapi walaupun dulu gak sempet nemu Mak Lampir, tapi gue berhasil nyampek puncaknya. Gue berangkat dari Jogja abis maghrib via truk pasir, kurang mewah apa coba? Sampek-sampek tiap truknya ngerem pasti penumpangnya pada paduan suara, tapi genre musiknya horok-horok. Bukan horok sih, tapi lebih ke njerit.

Mulai pendakian jam 11 malem, hawanya dingin, bukan sekedar dingin, tapi dinginnya alay keterlaluan. Tapi dari situ gue dapet pengalaman bahwa pas hiking itu gimanapun suhunya, badan tu lama-lama bakal panas, bakal gerah, dan gak betah pake pakean tebel.

Kondisi di Merapi, pohon-pohon pada rontok, gara-gara gak pernah keramas kali ya. Sampek puncak pas sunrise. Keren banget sumpeh. Tapi gue masih nggak nemuin Mak Lampir. Tapi ada temen gue yang berusaha bantuin gue walaupun tetep gak berhasil. Begitu sampek puncak, dia langsung kencingin tu puncaknya. Bayangin aja, kencing kan biasanya di WC ya, lah ini di puncak Merapi, ini momen istimewa banget cuy. Pengen gue potret sih buat kenang-kenangan, tapi  gak dibolehin sama dia.

Walaupun dia bela-belain kencing buat manggil Mak Lampir, tapi cita-cita gue tetep nggak kesampean. Sedih :’(


Merbabu
Ini pendakian paling santai. Tapi turunnya bisa bikin osteoporosis. Mulai pendakian jam 17.00, sampek pos 2 jam 19.00, kita bikin tenda di sini, trus lanjut ke Puncak Kentheng Songo jam 4.00, dan sampek pucuk jam 8.30.

Gue seumur-umur liat bintang jatoh ya di Merbabu ini, tapi untung bintangnya kagak ngejatohin tenda gue. Tenang semuanya, gue nggak papa kok. Jangan khawatirin gue. :)
Ya yang paling menarik dari Merbabu ya itu, bisa liat bintang bertaburan di langit. Tapi kalo mau liat bintang jatoh gak perlu ke Merbabu, liatin gue aja pas kesandung. :D

Gunung Api Purba Nglanggeran
Nglanggeran, pendakian paling nggak berasa. Kurang gula kali ya? Eh, tapi enggak juga sih. Kan gue udah di situ. Gue kan manis, berarti kan gak mungkin kalo kurang gula.

Gue mulai pendakian pas malem taun baru. Tapi sayang elu nggak di sini, gue kan merasakan kesepian yang mendalam. Tapi gue masih bisa tenang, kan hati kita masih kehubung lewat sms, apalagi elu juga ngucapin selamat taun baru. Gue sayang nyokap gue :)

Bakda Maghrib gue mulai pendakian. Dan gue cuman ngebutuhin 1 x 60 menit buat sampek puncaknya. Gue malemnya kepaksa nggak tidur demi ngerayain taun baru.


Lawu
Pendakian yang paling nyengsarain gue, kenapa? Ini dia ceritanya:

Gue mulai pendakian jam 4 sore lewat jalur Cemoro Sewu. Di pendakian ini, gue make sandal unik yang dinamain crocs. Ya biar terkesan liar aja gitu, apa malah bencong ya? Tapi gue keliatan lebih gagah kok. Dengan itu, gue mulai pendakian dan sampek pos 3 temen gue ada yang cedera. Kita mutusin buat nge-camp di pos 3 aja.

Nah inilah cerita sengsara gue dimulai. Jam 2.00 kita jalan ke puncak. Sebelumnya kita mutusin, buat ke puncak, kita bawa satu tas aja, buat diisiin makanan dan apa-apa aja yang diperluin. Naas banget, soalnya gue yang ditunjuk suruh bawa itu tas, mungkin gara-gara gue yang nggak abis-abis stok tenaganya (dan stok cintanya *cieeeh). Apalagi senter gue mati, berabe deh gue. Yaudah lah gue terima aja daripada dihajar, bonyok, nggak bisa pulang. Gue kan paling kecil, yang jelas paling unyu jugaa.

Nasib naas gue gak berakhir di situ doang. Gara-gara belum ada yang hiking di Lawu, kita ketambahan acara muter-muter, nyasar-nyasar, salah jalan, dan salah puncak. Ini ngabisin waktu 2 jam. Apalagi begitu sampek di pucuk, situasi berkabut, nggak bisa ngeliat pemandangan di bawah. Saat itulah dari mulut gue keucap kata: “ASEM”

Tapi nggak papa cuy, yang penting bisa tidur pules di perjalanan pulangnya, secara kita kan naek mobil disopirin temen gue. 
 
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar