Minggu, 10 Februari 2013

Gue, Anak Kecil yang Dobel Kuliah




Yap, jadi gue dobel kuliah, di UNY (Universitas Negeri Yogyakarta) sama UIN SUKA (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga). Sebenernya gue kuliah tiga sih, satunya kuliah subuh ato ada yang bilang juga ‘kuliah tujuh menit’ di rumah, dengerin ceramahnya Bokap. Di UNY gue ambil Jurusan Teknik Elektronika, di UINnya gue ambil Jurusan Aqidah Filsafat. Gak ada sinkronisasinya ya? Emang -_-

Kalo ditanya motivasi gue kuliah dobel, gue bakal jawab,”Istri aja bisa dobel, masa kuliah kagak?” Jadi gue ini semacam nerapin poligami buat kuliah gue. Gue pengen ngegabungin ilmu filsafat agama sama ilmu teknik, jadinya kaya gimana? Tunggu aja tanggal mainnya.

Meskipun gue kuliah dobel, gue masih sempet ikut berbagai organisasi, such as HIMANIKA (Himpunan Mahasiswa Elektronika & Informatika) sebagai staf divisi Minat dan Bakat, UKM Rekayasa Teknologi sebagai staf divisi robotika, Tim Robot UNY divisi KRPAI (Kontes Robot Pemadam Api) Berkaki, dan staf divisi voli sekaligus anggota UKMF Olahraga.

Semester pertama gue lewati dengan pontang-panting, bolak-balik UNY-UIN. Untung aja jaraknya deket (kaya ati kita *cieeeh), kira-kira 15 menit. Coba kalo dobel UNY-ITB, kan repot -_-


Naasnya, banyak dari jadwal kuliah gue yang tumbukan (kaya ati kita lagi nih *cieeeh). Soalnya semester I jadwalnya udah dipaket, jadi nggak bisa diatur. Tapi gue lebih fokusin ke UNYnya, soalnya SPP-nya lebih mahal. Mau gak mau gue mesti ngerelain separuh lebih kuliah gue di UIN. Alhasil, gue cuma bisa ngikutin 8 dari 20 sks di UIN (4 mata kuliah).

Abis ngelewatin masa-masa sulit, akhirnya sampek juga di saat ujian. Di UNY bisa ikut full, di UIN cuma 6 sks (3 mata kuliah). Dan di semester pertama ini, IP gue 3.60 buat UNY, daaaaaan……. 1.03 di UIN *jedotin kepala ke tembok*, dan gue mesti ngulang 14 sks taun depan T_T *nangis darah*

Tapi nggak papa lah, semoga aja di semester-semester berikutnya gue nggak kesulitan dan dapet hasil yang lebih baik lagi. Aaamiin.

6 komentar:

  1. sekarang gimana kabar kuliah dobelnya kak? hehe tahun ini aku maba lhoo dn berencana ndobel juga..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah sekarang masih jalan sih, tapi fokus di UNY-nya, soalnya sibuk banget di UNY. kalo misalkan mau kuliah dobel sih, tipsnya:
      - Jangan terlalu banyak kegiatan ekstrakurikuler
      - Bikin plan ke depan, planning jangka panjang. misal: kalo salah satu matkul nggak lulus mau ngulangnya gimana.
      - Jangan milih univ yg jaoh-jaohan, ntar ribut sendiri
      - Jangan takut utk gagal, jadikan kegagalan itu supporter buat kita biar nggak ngelakuin kegagalan lagi, dan jadikan kegagalan sebagai cemeti buat kita utk berbuat lebih baik lagi. Ambil hikmahnya aja
      - Kalo milih dobel univ negeri, jangan sampek ketauan jajaran birokrasinya tau, ntar terancam DO di salah satu univ.
      - Jangan yhang-yhangan, fokus ke kuliah. tau yhang-yhangan kan? itu bahasa koreanya pacaran.
      - Semangat terus dipelihara, jaga kesehatan
      - Berdoa kalo ngalami kesulitan

      Hapus
  2. barakallah buat antum :)
    ana juga baru mau masuk di UNY

    BalasHapus
  3. boleh minta contactnya ga kak? sy berharap bisa berbagi cerita krn sy juga dobel dan bingung harus cerita ke siapa yg udah berpengalaman :) thx.. ~Dzaki Arravi,IH-UIN JKT & KESMAS-UMJ

    BalasHapus
  4. Kk, kalau di UIN bisa ambil dobel kah?
    saya sekarang mahasiswa aktif semester 1 di UIN suka, nah rencana mau ikut dftar D3 ilmu perpustakaan fakultas Adab dan Budaya

    BalasHapus
  5. Kalau mau tanya, saya bingung milih mas, bagusan mana antara uin sama uny?

    BalasHapus