Jumat, 12 Juli 2013

OSPEK FT UNY 2013 Logo

Oke, di episode ini gue mau coba ceritain sedikit tentang Logo OSPEK Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta 2013. Sebelumnya, gue kasi liat dulu logo-logo OSPEK FT UNY taun 2009-2012 (jaman gue di-OSPEK-in), ini dia:


Logo OSPEK FT UNY 2009

Logo OSPEK FT UNY 2010

Logo OSPEK FT UNY 2011

Logo OSPEK FT UNY 2012

Nah, berangkat dari logo-logo para pendahulu tadi, kita dari team PDD OSPEK FT UNY 2013 mencoba membuat generasi penerus dari logo-logo di atas, ya sebut aja "bikin anak" dari logo-logo pendahulu. Kami pun diminta buat bikin anak, eh maksudnya bikin logo yang bentuk secara keseluruhan menyerupai rajawali (soalnya maskot FT UNY itu rajawali), yang berfilosofi tinggi, kreatif, indah, menggambarkan FT secara keseluruhan, nyaman di lambung, dan nggak bikin deg-degan (mati dong) *eh #salahfokus.
Malah ngiklan, oke balik ke fokus awal ya. Jadi untuk memenuhi hasrat kepanitiaan OSPEK FT UNY 2013, gue bikin dulu desain-desain awal, dan didapet ada 4 sample logo, kaya di bawah ini:





Dari keempatnya, abis divoting ternyata banyak yang milih nomor 3. Dari logo nomor 3 ini, gue kembang-kempisin lagi, soalnya emang itu logonya terlalu simpel dan diliat-liat ada persisnya kayak lumba-lumba. Soalnya juga gue ngonsepnya emang itu kawin silang ato basa gaulnya blasteran antara rajawali sama lumba-lumba. Terlebih lagi, dapet masukan dan info dari kakak Steering Committee bahwasanya rajawali diciptakan tanpa jambul. Jadi rajawali tuh nggak ada jambulnya, ntar kalo ada jambulnya dikira nyontek Garuda Pancasila lagih. Dan akhirnya setelah melakukan pengembangan dan pengempisan, didapati hasil kaya gini:


Tapi dari logo ini masih banyak silang pendapat, soalnya emang posenya kurang syip dan nggak ada makna burungnya tu lagi ngapain. Padahal filosofinya udah bagus. Bentuknya melingkar itu melambangkan persatuan yang erat, kalo sayapnya yang ngehadap atas sama bawah itu maksudnya mahasiswa itu nggak melulu mandang ke atas, tapi juga ingat yang di bawah, dengan kata lain, mahasiswa itu harus selalu mawas diri, bijaksana, tidak sombong, dan rajin menabung. Tapi karena memang masih ada yang nggak setuju, maka dari oleh karena itu, kita adain acara renovasi logo. Dan didapet hasil kayak gini:




















































Scroll lagi, bentar lagi sampek...




























Jeng jeeeng...


Ini dia logonya, dan akhirnya udah fix juga, dan akan dipake hingga kepanitiaan OSPEK FT UNY 2013 berakhir. Ide sayap dari temen gue, Prasna, dan ide ekor dari temen gue juga, Usna Putra.
Filosofi logo:
  • Bentuk dominan dari logo menyerupai Burung Rajawali merupakan maskot FT UNY yang melambangkan bahwa mahasiswa FT UNY memiliki sifat kuat, fokus pada visi, memiliki pandangan dan kreatifitas yang tajam, tidak mudah menyerah, berkomitmen tinggi, bertanggung jawab, dan memiliki semangat yang tinggi.
  • Secara keseluruhan, logo berbentuk melingkar melambangkan persatuan dan persaudaraan yang erat dan kokoh antara komponen FT UNY.
  • Kepala menoleh ke sebelah kanan melambangkan kebaikan dan keluhuran. Diharapkan generasi FT UNY sekarang ataupun yang akan datang memiliki sifat dan pemikiran yang baik.
  • Sorot mata rajawali yang tajam melambangkan fokus pada visi dan ketajaman dalam mengasah kemampuan.
  • Corak api di sekitar mata melambangkan semangat yang berkobar.
  • 4 goresan di kepala rajawali melambangkan semangat mahasiswa FT UNY untuk lulus 4 tahun.
  • Sayap melambangkan kekuatan, ketangkasan, dan semangat mencapai cita-cita.
  • Kepakan sayap yang tinggi melambangkan semangat yang tinggi dalam menggapai cita- cita.
  • 24 ruas pada seluruh sayap melambangkan jumlah jam dalam sehari, maknanya adalah mahasiswa FT UNY  senantiasa memanfaatkan dan mengisi waktu yang ada dengan hal-hal yang bermakna.
  • Enam warna pada sayap melambangkan keseluruhan jurusan yang berada di Fakultas Teknik UNY, yaitu:
  1. Warna merah muda melambangkan Jurusan Pendidikan Teknik Boga dan Busana.
  2. Warna hijau tua melambangkan Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan.
  3. Warna merah melambangkan Jurusan Pendidikan Teknik Mesin.
  4. Warna hijau muda melambangkan Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif.
  5. Warna jingga melambangkan Jurusan Pendidikan Teknik Elektro.
  6. Warna biru melambangkan Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika.
  • Penegasan 9 goresan pada sayap kanan dan sayap kiri melambangkan harapan akan kesempurnaan dalam setiap tindakan yang dilakukan.
  • Warna hitam sebagai warna dasar pada logo melambangkan keberanian, ketegasan, kekuatan, kecanggihan, dan kemauan keras.
  • Bulu di leher yang berjumlah tiga melambangkan semangat Tridarma Perguruan Tinggi yang menyokong tegaknya pendidikan yang berkarakter.
  • Bulu ekor yang berjumlah lima melambangkan Pancasila sebagai dasar dan pedoman.
  • Tipografi kata OSPEK yang terletak di dada dengan posisi sentral melambangkan salah satu agenda tahunan FT UNY yang sangat penting untuk menempa kepribadian diri mahasiswa FT UNY dan hasil yang didapatkan dari OSPEK diharapkan dapat ditanamkan dalam diri mahasiswa FT UNY.
  • Kata OSPEK  memiliki berbagai makna, yaitu:
  1. Roda bergerigi pada huruf “O” menggambarkan Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, melambangkan upaya keras yang ditempuh secara terus-menerus.
  2. Listrik pada huruf “S” menggambarkan Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, melambangkan kekuatan.
  3. Kunci pas pada huruf “P” menggambarkan Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif, melambangkan kerja keras dan kepercayaan diri.
  4. Kepala spatula pada huruf “E” menggambarkan Jurusan Pendidikan Teknik Boga dan Busana, melambangkan ketahanan diri dan keterampilan yang terasah.
  5. Pemancar jaringan pada huruf “K” menggambarkan Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika, melambangkan kecanggihan dan kemajuan.
  6. Penggaris pada huruf “K” menggambarkan Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan, melambangkan ketepatan, ketelitian, dan tekad untuk mencapai cita-cita dengan perencanaan yang seksama.
  • Kata “FT UNY 2013” menunjukkan bahwa pelaksanaan OSPEK berada di Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta pada tahun 2013.
  • Kesimpulan keseluruhan filosofi logo:
KEBULATAN TEKAD DALAM MEMBANGUN KESATUAN KOMPONEN FT UNY YANG SINERGIS UNTUK MEWUJUDKAN GENERASI TEKNIK YANG BERTAKWA, MANDIRI, DAN CENDEKIA
 Dan iseng-iseng, gue pun bikin lukisan 3D-nya


4 komentar:

  1. loh kok yang di website ospek itu gak ada dek?

    BalasHapus
    Balasan
    1. website yang mana mbak? yang ospek-uny.com itu? itu kan webnya univ. Adanya di ospek.bemftuny.org

      Hapus
    2. maksudku logo ospek ft yang 2013. ternyata ada di paling bawah *perasaan kemaren kagak ada*

      Hapus
    3. weeeh ada ya mbaaak, berhati-hatilah dalam membaca.. karena di blogku banyak hal yang nggak terduga..

      Hapus