Sabtu, 02 Februari 2013

Cerita Hiking Gue


Gue punya plan, seenggaknya gue bisa hiking sebulan sekali. Bulan Oktober udah di Merapi, November di Merbabu, Desember  ke Nglanggeran, Januari Lawu. Dan bulan-bulan selanjutnya gue ngarep bisa ndaki ke Sumbing, terus ke Sindoro, terus ke Slamet, lanjut ke Semeru, ke Rinjani, ke Jayawijaya, ke Everest, dan yang paling berat, yaitu mendaki gunung hatimu.

Merapi
Gue sebenernya berharap ketemu Mak Lampir sama Gerandong di Merapi buat mintak tanda tangan, soalnya mereka kan artis veteran. Gue masih inget dulu gue sering berduaan nonton film Misteri Gunung Merapi, tapi sayangnya sama nenek gue. Jadi gue dulu pas masih kecil penasaran banget pengen tau sosok Mak Lampir nan unyu sama asisten pribadinya, Gerandong.

Tapi walaupun dulu gak sempet nemu Mak Lampir, tapi gue berhasil nyampek puncaknya. Gue berangkat dari Jogja abis maghrib via truk pasir, kurang mewah apa coba? Sampek-sampek tiap truknya ngerem pasti penumpangnya pada paduan suara, tapi genre musiknya horok-horok. Bukan horok sih, tapi lebih ke njerit.

Mulai pendakian jam 11 malem, hawanya dingin, bukan sekedar dingin, tapi dinginnya alay keterlaluan. Tapi dari situ gue dapet pengalaman bahwa pas hiking itu gimanapun suhunya, badan tu lama-lama bakal panas, bakal gerah, dan gak betah pake pakean tebel.

Kondisi di Merapi, pohon-pohon pada rontok, gara-gara gak pernah keramas kali ya. Sampek puncak pas sunrise. Keren banget sumpeh. Tapi gue masih nggak nemuin Mak Lampir. Tapi ada temen gue yang berusaha bantuin gue walaupun tetep gak berhasil. Begitu sampek puncak, dia langsung kencingin tu puncaknya. Bayangin aja, kencing kan biasanya di WC ya, lah ini di puncak Merapi, ini momen istimewa banget cuy. Pengen gue potret sih buat kenang-kenangan, tapi  gak dibolehin sama dia.

Walaupun dia bela-belain kencing buat manggil Mak Lampir, tapi cita-cita gue tetep nggak kesampean. Sedih :’(


Merbabu
Ini pendakian paling santai. Tapi turunnya bisa bikin osteoporosis. Mulai pendakian jam 17.00, sampek pos 2 jam 19.00, kita bikin tenda di sini, trus lanjut ke Puncak Kentheng Songo jam 4.00, dan sampek pucuk jam 8.30.

Gue seumur-umur liat bintang jatoh ya di Merbabu ini, tapi untung bintangnya kagak ngejatohin tenda gue. Tenang semuanya, gue nggak papa kok. Jangan khawatirin gue. :)
Ya yang paling menarik dari Merbabu ya itu, bisa liat bintang bertaburan di langit. Tapi kalo mau liat bintang jatoh gak perlu ke Merbabu, liatin gue aja pas kesandung. :D

Gunung Api Purba Nglanggeran
Nglanggeran, pendakian paling nggak berasa. Kurang gula kali ya? Eh, tapi enggak juga sih. Kan gue udah di situ. Gue kan manis, berarti kan gak mungkin kalo kurang gula.

Gue mulai pendakian pas malem taun baru. Tapi sayang elu nggak di sini, gue kan merasakan kesepian yang mendalam. Tapi gue masih bisa tenang, kan hati kita masih kehubung lewat sms, apalagi elu juga ngucapin selamat taun baru. Gue sayang nyokap gue :)

Bakda Maghrib gue mulai pendakian. Dan gue cuman ngebutuhin 1 x 60 menit buat sampek puncaknya. Gue malemnya kepaksa nggak tidur demi ngerayain taun baru.


Lawu
Pendakian yang paling nyengsarain gue, kenapa? Ini dia ceritanya:

Gue mulai pendakian jam 4 sore lewat jalur Cemoro Sewu. Di pendakian ini, gue make sandal unik yang dinamain crocs. Ya biar terkesan liar aja gitu, apa malah bencong ya? Tapi gue keliatan lebih gagah kok. Dengan itu, gue mulai pendakian dan sampek pos 3 temen gue ada yang cedera. Kita mutusin buat nge-camp di pos 3 aja.

Nah inilah cerita sengsara gue dimulai. Jam 2.00 kita jalan ke puncak. Sebelumnya kita mutusin, buat ke puncak, kita bawa satu tas aja, buat diisiin makanan dan apa-apa aja yang diperluin. Naas banget, soalnya gue yang ditunjuk suruh bawa itu tas, mungkin gara-gara gue yang nggak abis-abis stok tenaganya (dan stok cintanya *cieeeh). Apalagi senter gue mati, berabe deh gue. Yaudah lah gue terima aja daripada dihajar, bonyok, nggak bisa pulang. Gue kan paling kecil, yang jelas paling unyu jugaa.

Nasib naas gue gak berakhir di situ doang. Gara-gara belum ada yang hiking di Lawu, kita ketambahan acara muter-muter, nyasar-nyasar, salah jalan, dan salah puncak. Ini ngabisin waktu 2 jam. Apalagi begitu sampek di pucuk, situasi berkabut, nggak bisa ngeliat pemandangan di bawah. Saat itulah dari mulut gue keucap kata: “ASEM”

Tapi nggak papa cuy, yang penting bisa tidur pules di perjalanan pulangnya, secara kita kan naek mobil disopirin temen gue. 
 
 
 
 

Jaman Sekarang


Jaman sekarang, adalah jaman di mana internet lebih penting dari nasi. Coba liat, laper bukannya pada makan, malah update status, ‘lapeeeerrrr…. ‘, ato bahasa inggrisnya, ‘ngeleeeeh…. ‘. Bahkan di sosial media, sekarang banyak banget yang berlomba-lomba upload foto. Lagi di mana, dengan siapa, semalam berbuat apa diupload semua. Padahal kualitas fotonya jauh di bawah kuantitas (baca: alay).

Jaman sekarang, adalah jamannya boyband sama girlband. Apa sih yang bagus dari mereka? Ini gara-gara demam Korea. Sesungguhnya musik Korea tu bukan didengar, tapi diliat. Lagian perasaan muka artis Korea tu mirip semua. Nih ya gue kasi tau, Girlband tu sama aja kaya penjual ayam goreng, sama-sama jual paha -_-

Jaman sekarang, adalah jaman di mana ABG pada galau. Status galau di mana-mana, bahkan galau pun nongol di iklan. Ngapain sih pada galau, pada diputusin gebetan? Cintanya ditolak? Nih ya gue kasi tau, ditolak itu jadian yang tertunda aja, dan I hate you adalah I love you yang tertunda. Udah lah jangan pada galau, masih banyak hal menarik dan bermanfaat yang bisa dilakuin di dunia ini. Salah satunya baca-baca postingan gue :D

Jumat, 01 Februari 2013

Strange Word Called Alay


Alay, kosakata yang aneh, lagi-lagi menurut gue. Gue pernah iseng sih nyari kata "alay" di google, dan prihatin banget nemuin "alay" masuk di Wikipedia #facepalm. Gue shock, kaget setengah mati dua kali. Sebegitu terkenalnyakah alay hingga masuk Wikipedia? Ada versi bahasa Inggrisnya lagi. Di saat seperti ini gue bingung harus bangga apa malu. (-_-) “Alay (or 4L4Y, Anak Layangan or Anak Lebay) is a pop culture phenomenon in Indonesia." – Wikipedia. Sampek dikasih contoh coba #doublefacepalm.

Apakah alay termasuk ke dalam globalisasi? Sampek dipublikasiin segala. Gimana kalo sekalian aja bahasa alay dijadiin bahasa internasional? Gimana kalo sekalian bahasa alay dijadiin pelajaran nemenin bahasa Inggris sama bahasa Indonesia? Sekalian bikin suku baru aja, judulnya “Suku 4l4y, T3m3ndNYu4 5uKU 45m4T, BuKHa4nd 5uKU O5In9”

Celakanya adalah, walau gue sebel sama anak alay, tapi gue sekarang salah satu di antara mereka. Tapi ini masih spekulasi temen-temen sih. Ironis banget kan? Tapi ini kayaknya emang naluriah deh, dengan sendirinya muncul gitu, maksud gue kayaknya emang bener alay itu proses menuju kedewasaan… *uhuk *keselek roda becak

Lebih Spesifik tentang Gue



TTL:
Blitar, 18 Juni 1996

Anak ke:
Pertama dari 4 bersaudara, berarti gue punya adek tiga, cewek-cowok-cewek #gilirkacang. Orang tua gue emang pinter banget bikin anak, kapan-kapan tanyak ah gimana caranya bisa bikin anak begilir begitu, nunggu 17 taun dulu, hehe.

Di foto: (Dari kanan ke kiri, atas ke bawah) Gue, adek gue, adek gue, adek gue, dan gue


Makanan favorit:
Nggak ada yang spesifik sih, kalo lagi kalap apa aja gue makan

Status:
Terakreditasi *hoeekkk. Bukan itu aja sih, gue udah nggak lajang, soalnya gue udah ngerubah status dari lajang menjadi jalang.


Hobi:
- Iseng
- Sembahyang mengaji (Iyalah, gue kan si Dul, diambil dari “AbDUL”. Jadi jangan bikin gue sakit ati, ntar lu pada bisa mati)
- Maen musik
- Olahraga, seperti halnya sepak bola ato bahasa Inggrisnya balbalan, voli, bulu tangkis, sama maen poker
- Nge-PES
- Travelling
- Hiking (bukan musuhnya Jak mania loh ya -_- itu viking om)
- Kalo sekarang hobi gue makan, soalnya lagi program penggelembungan badan. Katanya gue kalo gendutan jadi lebih ganteng. Yang ngomong kaya gitu baru dua orang sih, nyokap sama temen deket gue. Tapi gue nggak yakin, gue malah curiga jangan-jangan mereka ngomong sedemikian rupa biar gue kemotivasi buat ngegemukin badan, mungkin gara-gara prihatin terhadap kondisi gue yang kurus kering kerontang mengenaskan.

Nama panggilan:
Wafi. Guru ato dosen biasanya panggil Ali soalnya itu nama depan gue. Keluarga manggil gue Cak, soalnya itu tu semacam…. bukan panggilan tukang sate -_- Itu tu sebenernya bahasa Banyuwanginya kakak sih. Trus temen baik gue manggil gue Ndut ato Nduty soalnya panggilan itu adalah harapan biar gue cepet gendut, nama kan mengandung harapan juga.

Riwayat pendidikan:
- TK Kebangkitan III (2000-2002)
- SD Negeri Sidorejo (2002-2008)
- SMP Negeri 5 Yogyakarta (2008-2010)
- SMA Negeri 8 Yogyakarta (2010-2012)
- Universitas Negeri Yogyakarta Jurusan PT. Elektronika (2012-sekarang)
- Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Jurusan Aqidah Filsafat (2012-sekarang)

Prestasi:
- Juara 3 ngelukis se kecamatan (SD)
- Juara 1 tartil Al-Quran antar kelurahan (SD)
- Peringkat 6 Olimpiade Matematika se-kecamatan (SD)
- Peringkat 6 Olimpiade Matematika se-kabupaten (SD)
- Peringkat 20 Olimpiade Matematika se-provinsi (SD)
- Pria terpendek di kelas (SMP)
- Masuk SMA 8 (SMA, HEP)
- Pria terpendek di kelas (SMA)
- Satu-satunya orang berbehel di kelas (T. Elektronika UNY sama Aqidah Filsafat UIN)
- Makan pil nggak pake minum, langsung ditelen

Watak:

Gue percaya kalo watak orang jangan dinilai dari penampilannya. Liat aja Hitler, kumisnya unyu gitu tapi sadis kan? Terus anak ‘Karate Kids’ tu, kayaknya jago gitu tapi kalo diajak tawuran sama anak STM paling pulang-pulang palanya bakal bocor.

Kalo menurut penilaian ibuk, gue itu anaknya rajin (rajin tidur tapi), kreatif, gampang bisa.

Kalo menurut penilaian temen baik gue, yg gue baru deket sama dia 12 Desember taun lalu, gue tu anaknya santai, kalem, asik, baik, seru, agak menimbulkan PHP tapi tergantung orangnya juga sih, trus rajin, sama dermawan.
Kalo menurut penilaian temen-temen, gue orangnya iseng (ini jelas), rajin (ini diragukan), telaten (sangat diragukan), cerdas (sangat diyakini kalo itu salah). Tapi itu semua gue anggep doa dari temen-temen, dan gue cuman bisa ngawinin, eh astaghfirullah, ngaminin maksudnya.

Kalo menurut penilaian gue sendiri sih, gue tu orangnya iseng, usil, jail, suka ngerjain orang, apa lagi yah, suka ngakalin orang, *perasaan sama aja deh. Lupakan, gue juga malesan, lambat mikir, suka lupa, trus nggak pinter ngomong meskipun di pikiran ini banyak kata-kata buat diucapin. Jadi menurut pengalaman gue, gue punya petuah, kalo elo kalah bacot sama orang, bilang aja 'ooh'. Itu semua bakal berakhir, percaya deh sama om. Tapi tergantung juga sih elo masih nyolot apa kagak.

Bokap Nyokap Gue

Jadi gue ini anak blasteran, yang bokapnya orang asli Banyuwangi dan nyokapnya orang asli Blitar. Walaupun seprovinsi, tapi kan beda kabupaten. Inilah yg bikin gue ngotot kalo gue ini anak blasteran. Blasteran lokal nggak papa lah, yang penting blasteran. #BlasteranEdisi100%CintaIndonesia


Gue mau nyeritain sedikit tentang nyokap gue. Gue deket banget sama nyokap gue (mungkin gara-gara solidaritas orang asli Blitar yang memperdekat kita), gue biasa manggil beliau ibuk. Saking deketnya sama beliau, gue pun kebiasa ngebanyol yg mayoritas geje sih.


Contoh:

*lagi nonton x-factor, Ibuk: menurut ibuk suaramu tu lebih bagus dari dia, kalo kata juri suaranya langka, berarti suaramu? ǀ Gue: kalo suara dia langka suaraku punah buk


Ibuk: Cak, biar mesin obrasnya nggak bunyi keras banget gini dikasih apa ya? ǀ Gue: Taroh di studio musik aja buk, nggak bakal kedengeran


Kayaknya kurang ajar ya? Tapi yang jelas bisa bikin ibuk ketawa itu yang bikin aku sumringah :D


About Nyokap:

Nama: Hj. Sun Choirol Ummah, S.Ag. M.SI

TTL: Blitar, 7 Mei 1970

Profesi:

- Nyokap gue dan adek-adek gue

- Dosen honorer Agama Islam UNY

Ini gue sama Ibuk, foto ini juga ngebuktiin kedeketan kita #alaybadai


Sekarang beralih ke bokap gue, biasa gue panggil ayah. Ayah gue ini orangnya disiplin, tegas, agamis banget (iyalah, secara beliau dosen agama), dan hape sama laptopnya banyak. Gue jadi gak percaya sama orang yang bilang kalo jaman sekarang tu hape anak lebih bagus dari hape ortu. Hape Ayah ada 3 bagus-bagus semua. Laptopnya juga 3, 4 sih sebenernya, yang satunya digondol maling. Beliau itu ayah yang kuat, baik, dan professional.


Kutipan perkataan Ayah yang fenomenal dan masih gue inget sampek sekarang adalah: ‘Beli burung ning Pasar Ngasem, jagal burung ning Bogem, uji coba burung ning Sarkem’. Kenapa masih gue inget, soalnya perkataan itu tu adalah buah pemikiran yang brilian gitu, setidaknya itu menurut gue.


About Bokap:

Nama: Dr. H. Marzuki, M.Ag.

TTL: Banyuwangi, 21 April 1966 (Ulang taunnya bareng RA Kartini coy, kenapa nggak milih 25 Desember sekalian biar ulang taunnya bareng Yesus ya? Auk ah geyap)

Profesi:

- Bokap gue dan adek-adek gue

- PNS, tepatnya Dosen Agama Islam di UNY juga
 
Ini gue sama Ayah,  sori kalo di foto ini kami lagi mengheningkan cipta (baca: nunduk)